Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatur Ukuran Kolom di Excel Secara Otomatis atau Manual

Daftar Isi [show]

Soalskul.com – Cara mengatur ukuran kolom di Microsoft Excel baik secara otomatis atau manual memang sering sekali ditanyakan oleh banyak orang. Meskipun sebenarnya sangat sederhana, namun masih banyak juga diantara kita yang belum memahaminya.

Pada beberapa kasus kita merasa perlu mengubah panjang setiap kolom di Excel agar menyesuaikan dengan kalimat terpanjang yang ada. Karena bila kita tidak mengaturnya, maka kalimat tersebut akan terpotong. 

Untuk mengatasi masalah ini kita bisa memperpanjang ukuran kolom tersebut. Dengan begitu data kita akan terlihat lebih rapi. Buat kamu yang penasaran bagaimana cara untuk mengubah ukuran kolom Excel, berikut cara memperpanjang cell di Excel secara manual atau otomatis.

layar komputer menampilkan data microsoft excel yang sedang diatur ukuran kolom nya

Baca: Cara Cepat Membuat Nomor Urut di Excel Secara Otomatis

Cara Mengubah Ukuran Kolom di Excel Secara Manual

Untuk memperbesar atau memperkecil ukuran kolom di Microsoft Excel bisa dilakukan secara manual satu persatu. Cara ini memang yang paling sering digunakan oleh orang-orang dalam mengatur cell kolom atau baris. Berikut caranya.

  1. Sebagai contoh kita ubah ukuran kolom A di Excel, tinggal kita arahkan kursor ke antara kolom A dan kolom B.
  2. Kemudian kursor akan berubah seperti ikon anak panah ke kanan dan ke kiri.
  3. Lanjut klik kiri 2x dan tahan lalu geser ke kanan atau ke kiri untuk mengatur ukurannya untuk membuatnya lebih panjang atau pendek.
  4. Kamu juga bisa membuatnya lebih lebar atau kecil dengan cara arahkan kursor ke garis diantara A1 dan A2.
  5. Kursor akan berubah seperti anak panah ke atas dan kebawah.
  6. Klik kiri 2x dan tahan lalu geser ke bawah atau ke atas untuk mengatur lebar dan kecilnya.

Catatan: Pastikan kamu mengarahkan kursor pada posisi yang tepat agar ukuran kolomnya bisa berubah yaitu tepat dibagian nomor yang ada di paling kiri layar.

Baca: Cara Hapus Kolom dan Baris Kosong di Excel

Cara Mengubah Ukuran Kolom di Excel Secara Otomatis

Ada cara lain yang dapat kita lakukan untuk mengatur ukuran kolom di Excel baik panjang pendek atau lebar kecilnya. Kita bisa manfaatkan menu format untuk mengaturnya secara otomatis. Berikut caranya.

  1. Langkah pertama seleksi dulu kolom yang mau diatur ukurannya secara otomatis.
  2. Lanjut buka menu “Home”.
  3. Lanjut buka menu “Format” di dalam grup Cells.
  4. Lanjut pilih opsi “AutoFit Column Width”.
  5. Maka ukuran kolom yang telah diseleksi akan menyesuaikan tulisan yang paling panjang.
Tutorial ini telah dibahas dalam halaman support Microsoft tentang cara mengubah lebar kolom dan tinggi baris secara lengkap dan mendalam. Kamu bisa cek juga untuk mengetahui selengkapnya.

Kesimpulan

Itu dia cara mengatur ukuran kolom di Microsoft Excel baik secara otomatis atau manual. Bila kamu melakukannya secara manual, mungkin kamu akan memakan banyak waktu untuk menyesuaikannya apalagi bila terdapat banyak data yang ada. 

Akan tetapi cara manual justru lebih ekfektif bila kita memang ingin melakukan perubahan pada kolom tertentu saja atau bila ingin mengubah lebar kolomnya ke bawah.

Namun bila kamu ingin mengubah ukuran kolom Excel karena ingin menyesuaikan panjang kalimat yang ada di setiap baris, kami sangat menyarankan kalian untuk menggunakan cara manual seperti panduan diatas.

Show comments