Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Simpan Hasil Rekaman Zoom di Memori Penyimpanan PC

Daftar Isi [show]

Soalskul.com – Cara menyimpan hasil record Zoom Meeting langsung di memori penyimpanan internal laptop atau komputer kita memang banyak orang yang ingin mengetahuinya.

Pasalnya banyak diantara kita yang ternyata masih belum mengetahui dimana hasil rekaman Zoom yang sudah dilakukan akan tersimpan.

Zoom Meeting menjadi salah satu aplikasi video conference terbaik dan terpopuler saat ini. Semenjak pandemi Covid-19 lalu, platform ini memang semakin naik daun untuk menunjang berbagai aktifitas secara daring mulai dari meeting, webinar, belajar dll.

Dengan banyaknya fitur yang dimiliki serta kemudahan penggunaannya, Zoom semakin banyak diminati sebagai pilihan aplikasi video conference.

Record atau rekaman layar merupakan salah satu fitur ungguan yang dimiliki Zoom Meeting. Dengan fitur ini kita bisa merekam semua aktifitas dalam room Zoom mulai dari tampilan layar kita hingga suara yang ada.

Bagi pengguna baru sayangnya tidak terlalu paham dengan fitur record ini khususnya cara menyimpan hasil record nya. Kali ini kami sudah membahas cara menyimpan record Zoom di laptop dengan langkah-langkah yang mudah dipahami bagi pemula.

tampilan dasboard room zoom meeting pc yang menunjukan tombol record

Cara Menyimpan Record Zoom Memori Internal Laptop

Setelah kami cari tau dari berbagai sumber di internet termasuk dokumentasi resmi Zoom Meeting mengenai cara menemukan dan melihat rekaman lokal, menjelaskan bahwa bila kita melakukan record Zoom di laptop, maka hasilnya akan langsung tersimpan di memori internal laptop kita.

Bila kita sudah mengakhiri rekaman di Zoom Meeting, lalu Zoom akan langsung mengkonversi hasil rekamannya menjadi format MP4. Perlu kamu ingat bahwa proses konversi ini memerlukan waktu yang cukup lama tergantung severapa lama kamu merekam layar nya.

Baca: Tutorial Cara Record Zoom Meeting Sebagai Peserta atau Host

Dimana Lokasi Hasil Recod Zoom Laptop Tersimpan?

Adapun hasil rekaman layar Zoom yang kita lakukan akan disimpan dibagian dokumen secara umum nya. Namun untuk memastikannya kamu bisa melihatnya seperti berikut:

  1. Buka aplikasi Zoom di laptop mu.
  2. Buka menu “Settings”.
  3. Buka menu “Recording”.
  4. Otomatis akan diarahkan ke halaman berisi hasil rekaman layar Zoom nya. Biasnya tersimpan di dalam folder Dokumen > Zoom.

Selain itu, bisa juga kita menentukan hasil rekaman Zoom akan tersimpan dimana nantinya bila dilakukan dengan cara klik tombol “Change” yang tersedia.

Baca: Cara Membuat Blur Background Zoom Meeting

Cara Merekam Zoom di Laptop

Bagi yang belum tau, untuk memulai merekam layar Zoom Meeting caranya sangatlah sederhana. Panduan ini seudah dijelaskan dalam dokumentasi resmi Zoom dalam judul cara mengaktifkan dan memulai rekaman lokal

Dalam pembahasan itu kamu akan mendapatkan informasi mulai dari persyaratan, batasan, cara mengaktifkan hingga mematikannya. Secara umum untuk mulai record layar Zoom bisa ikuti panduan sederhana dibawah.

  1. Pastikan kamu sudah memenuhi syarat untuk merekam Zoom Meeting baik sebagai peserta atau host.
  2. Pastikan kamu sudah berada di dalam room zoom meeting nya.
  3. Langsung saja tekan opsi “Record” yang ada dibagian bawah layar.
  4. Otomatis akan keluar indikator waktu recording nya sebagai tanda sudah dimulai.
  5. Untuk paus atau mematikan hasil record ckup klik tombol yang ada di bawah layar.

Catatan: Bila kamu tidak menemukan tombol record di Zoom Meeting. berarti kamu tidak memenuhi syarat untuk merekam layar. Untuk mengetahui syarat-syarat nya, kamu bisa melihat dokumentasi resmi Zoom diatas.

Baca: Cara Merekam Zoom Meeting di HP Ada Suaranya

Akhir Kata

Merekam layar Zoom Meeting memang sering dilakukan oleh orang-orang agar bisa memutar kembali secara berulang-ulang rapat atau webinar yang telah dilakukan.

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa bila kita menggunakan fitur bawaan Zoom Meeting untuk mulai merekam layar, secara otomatis hasil rekamannya akan tersimpan di memory laptop kita. aplikasi, cara record zoom di laptop tersimpan dimana tanpa izin host crtl windows 10 dengan suara.

Show comments