Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merekam Zoom Meeting di HP Ada Suaranya

Daftar Isi [show]

Soalskul.com – Cara merekam layar di Zoom HP yang ada suaranya memang banyak orang yang ingin mengetahuinya. Pasalnya record Zoom menjadi salah satu kebutuhan umum saat ini agar kita tidak ketinggalan informasi saat dilaksanakannya webinar atau meeting online.

Belakangan ini, aplikasi video conference seperti Zoom Meeting sudah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari, baik untuk keperluan kerja, pendidikan, hingga webinar. 

Merekam layar device saat dimulainya Zoom sering dilakukan terutama bagi mereka yang ingin mengulas kembali diskusi penting atau menyimpan catatan dari sebuah meeting.

Sayangnya, masih banyak yang belum tau bagaimana cara record Zoom di HP Android atau iPhone. Artikel ini akan membahas langkah-langkah praktis tentang cara merekam Zoom meeting di HP sekaligus dengan suaranya.

tangan memegang hp dan sedang merekam zoom meeting

Baca: Cara Menjadwalkan Zoom Meeting di HP Android dan iOS

Bisakah Kita Record Zoom di Smartphone?

Menurut halaman support Zoom Meeting tentang mengaktifkan dan memulai rekaman lokal menyebutkan bahwa fitur rekaman lokal di Zoom Meeting tersedia di aplikasi HP Android dan iPhone.

Rekaman layar hanya tersedia di Zoom desktop untuk sistem operasi Windows, macOS, dan Linux. Record Zoom tersedia di versi akun gratis atau berbayar.

Namun kamu jangan khawatir karena ada trik mudah yang dapat kamu lakukan agar tetap bisa melakukan record layar Zoom Meeting menggunakan HP. Adapun caranya kita akan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yakni aplikasi screen recorder seperti yang telah kami bahas dalam ulasan selanjutnya.

Baca: Cara Membuat Blur Background Zoom Meeting

Cara Record Zoom Meeting di HP Android dan iPhone

Zoom Meeting versi mobile tidak menyediakan fitur rekaman layar seperti yang ada di versi desktop. Untuk mengatasinya kita bisa manfaatkan aplikasi record layar HP pihak ketiga.

Dengan aplikasi screen recorder kita bisa merekam setiap aktifitas yang muncul di layar HP kita termasuk record Zoom Meeting.

Beberapa merek dan seri HP terbaru sekarang sudah memiliki aplikasi screen recorder bawaan. Kamu bisa memanfaatkannya untuk melakukan rekaman layar Zoom.

Atau kamu bisa cari aplikasi screen recorder di play store atau app store untuk menggunakannya. Disana tersedia banyak aplikasi serupa yang gratis.

Berikut kami ajarkan cara merekam Zoom di HP menggunakan aplikasi screen recorder yang kami rekomendasikan.

  1. Langkah pertama unduh dulu aplikasi Screen Recorder di Play Store atau Apps Store. Bagi pengguna Android, dapatkan aplikasi nya disini
  2. Jika sudah terinstal, lanjut masuk ke dalam room Zoom di HP.
  3. Untuk memulai merekamnya, kamu bisa buka aplikasi screen recorder nya.
  4. Beri izin akses semua yang diminta aplikasi nya.
  5. Jika sudah terbuka aplikasinya, lanjut tekan tombol “Start Recording”.
  6. Otomatis layar HP mu sudah mulai direkam, selanjutnya tinggal kamu kembali ke dalam Zoom Meeting nya.
  7. Untuk merekam Zoom beserta suaranya, dalam aplikasi screen recorder tersedia pengaturan tambahan untuk mengatur apakah rekaman akan merekam suara dari HP saja atau dari luar HP juga (suara kita sendiri).

Hasil Record Zoom di HP Tersimpan Dimana?

Banyak juga yang bertanya terkait hasil rekaman zoom di HP tersimpan dimana? Karena kita menggunakan aplikasi pihak ketiga, maka hasil rekaman Zoom akan otomatis tersimpan di galeri HP kita.

Kamu bisa buka galeri HP dan cari grup baru tempat menyimpan hasil rekaman layar yang biasanya akan dibuat secara otomatis bila rekaman layar sudah dibuat.

Penutup

Record layar Zoom Meeting di HP Android atau iPhone untuk saat ini belum bisa dilakukan. Fitur rekaman layar Zoom hanya tersedia di aplikasi Zoom desktop di laptop/komputer saja.

Untuk mengatasi masalah ini, kami sarankan kamu untuk menggunakan aplikasi perekam layar HP yang tersedia di play store dan app store. Kamu bisa gunakan aplikasi screen recorder seperi rekomendasi kami. Dengan aplikasi ini kita bisa merekam semua aktifitas yang ditampilkan di layar HP kita. 

Show comments