Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Slide PPT Menjadi Video di HP Format MP4

Daftar Isi [show]

Soalskul.com – Cara mengubah slide PPY menjadi Video MP4 di HP memang sering dicari tau oleh banyak orang belakangan ini. Beberapa alasan orang-orang ingin menyimpan dokumen PPT ke sebuah video adalah agar bisa mendapatkan pengalaman menarik dan efektif saat mencoba memahami isi PPT.

Tapi apakah kamu tau cara bikin PPT jadi video di HP? Atau bagaimana cara edit PPT dadi video dengan aplikasi? Semua kebingungan kalian akan kami jawab dalam pembahasan kami dibawah ini.

Untuk mendapatkan pengalaman memahami isi dari sebuah file PPT yang lebih baik dan efektif, kalian bisa mencoba dengan print flie PPT nya dalam 1 lembar isi beberapa slide. Ulasan ini sudah kami bahas dalam artikel sebelumnya yang berjudul cara print PPT 1 lembar isi beberapa slide.

tangan memegang hp dan dilayar nya menampilkan logo convert ppt jadi video

Langkah Menjadikan Slide PowerPoint Jadi Format Video

Buat kita yang menggunakan aplikasi PowerPoint di HP, kita tidak bisa menggunakan fitur convert PPT menjadi video MP4. Ini berlaku bagi pengguna HP Android dan iPhone. Hal ini tentu saja berbeda seperti PPT yang ada di laptop. Disana Kita bisa menjadikan PPT menjadi video.

Untuk mengatasi masalah ini, kita masih tetap bisa mengubah PPT jadi video di HP loh. Caranya dengan menggunakan bantuan aplikasi atau situs pihak ke tiga.

Ada banyak situs online yang bisa kita manfaatkan untuk menyimpan PPT jadi video. Berikut beberapa rekomendasi terbaik menurut kami.

  1. https://video.online-convert.com/convert/pptx-to-mp4
  2. https://onlineconvertfree.com/convert-format/ppt-to-video
  3. https://products.aspose.app/slides/video

Baca: Cara Memasukan Video Kita di PPT Presentasi Canva

Adapun cara menggunakan website converter ppt to video di atas tidak jauh berbeda. Kamu bisa ikuti panduan kami dibawah ini.

  1. Pastikan kamu sudah menyimpan file PPT nya di HP mu.
  2. Jika sudah, buka browser di HP mu lalu kunjungi salah satu link diatas misalnya aspose.apps
  3. Bila website nya sudah dibuka, klik "Drop or upload your file".
  4. Kamu akan diarahkan untuk mencari file PPT di HP mu, lalu cari saja file PPT yang mau dijadikan video.
  5. Klik PPT nya lalu tunggu sampai proses upload berhasil.
  6. Bila proses upload sudah berhasil, kamu akan diminta untuk menentukan slide mana yang akan dijadikan video.
  7. Kamu juga bisa menentukan seberapa lama durasi perpindahan di setiap slide nya.
  8. Kamu juga bisa menentukan resolusi video yang akan dihasilkan.
  9. Kamu juga bisa menentukan jenis transisi perpindahan tiap slide sesuai keinginan mu.
  10. Kamu juga bisa manambah suara musik atau audio lainnya pada hasil videonya sesuai keinginan.
  11. Jika sudah diatur semua, lanjut tekan tombol "Convert".
  12. Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai dan berhasil.
  13. Jika sudah berhasil, selanjutnya tekan tombol "Download Now" untuk menyimpan hasil video nya ke galeri HP kita.

Cara Menyimpan PPT Jadi Video di HP Menggunakan Aplikasi

Ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk membuat PPT jadi video MP4 di HP selain menggunakan bantuan situs pihak ketiga. Cara lainnya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yaitu Screen Recorder.

Screen Recorder pada dasarnya bila diaktifkan akan merekam semua aktifitas yang ditampilkan layar HP kita termasuk saat menonton video, scroll sosmed atau membuka file PPT. 

Aplikasi ini bisa kita gunakan untuk menjadikan file PPT jadi video caranya dengan aktifkan saja aplikasi nya, kemudian buka file PPT nya lalu buka setiap slide nya sesuai durasi yang kamu inginkan. Nantinya hasil recording akan tersimpan di galeri HP kita.

Untungnya pada beberapa HP biasanya sudah dibekali aplikasi screen recorder bawaan. Namun bila di HP mu belum tersedia, kamu bisa mendapatkannya di App Store atau Play Store.

Buat kamu yang ingin mengubah file PPT menjadi video di laptop atau komputer, panduannya sudah dijelaskan dalam dokumentasi resmi Microsoft yang berjudul cara menyimpan presentasi sebagai video secara lengkap.

Baca: Template Mind Map PPT dan Cara Membuatnya

Simpulan

Seperti yang sudah kita bahas diatas bahwa aplikasi PowerPoint di HP belum memiliki vitur untuk mengubah PPT menjadi video. Untuk mengatasinya, kamu tetap bisa gunakan situs atau aplikasi pihak ketiga seperti panduan diatas.

Show comments