Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghilangkan Tulisan Page 1, 2, 3 di Excel

Daftar Isi [show]

Soalskul.com – Tak jarang kita menemukan file Microsoft Excel yang saat dibuka muncul watermark bertuliskan Page 1, Page 2, Page 3 dan seterusnya. 

Watermark ini muncul ketika kita mengaktifkan tampilan "Page Layout" untuk melihat bagaimana dokumen akan tercetak, saat print atau menyimpan dokumen dalam format PDF.. Untuk sebagian orang watermark ini memang cukup mengganggu tampilan yang membuat kita menjadi kesulitan membaca data yang ada.

Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi pengolah angka yang sangat populer dan banyak digunakan di seluruh dunia baik untuk kebutuhan pribadi atau perusahaan. 

Dengan fitur canggih yang dimiliki, Excel memudahkan penggunanya untuk mengolah data, membuat laporan, dan melakukan berbagai analisis baik yang sederhana atau kompleks. 

Untungnya ada beberapa cara untuk menghilangkan watermark "Page" ini sehingga file Excel kita dapat terlihat lebih rapi dan jelas. 

Artikel ini akan membahas langkah-langkah sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghapus tulisan "Page 1", "Page 2", "Page 3" dan seterusnya dari lembar kerja Excel. Ikuti Panduan dibawah untuk mengetahui selengkapnya.

ilustrasi komputer diatas meja sedang membuka file microsoft excel dan terdapat watermark page 1

Penyebab Munculnya Watermark Bertuliskan Page di Excel

Pada umum nya fungsi watermark bertuliskan "Page 1", "Page 2", "Page 3" dan seterusnya di lembar Excel adalah untuk tanda sebuah cell berada di halaman atau lembar ke berapa. 

Watermark ini akan sangat berguna untuk memberi tahu kita jika ingin print file Excel sehingga memudahkan kita untuk menentukan jumlah kertas yang harus tersedia.

Watermark akan muncul bila kita mengaktifkan page break. Dalam keadaan normal, watermark ini tidak akan muncul, kecuali kita sengaja menambahkan watermark sebagai page markup.

Baca: Cara Mengaktifkan Macro di Excel

Cara Menghilangkan Watermark Tulisan Page di Excel New Version

Watermark yang bertuliskan Page 1, Page 2, dan seterusnya bisa kita hilangkan dengan mudah. Jika kamu sudah menggunakan versi aplikasi Microsoft Excel yang lebih baru seperti versi tahun 2013, 2016, 2019, hingga 2021, kamu dapat mengikuti tutorial berikut untuk menghilangkan watermark nya.

  1. Langkah pertama buka file Excel di laptop mu.
  2. Selanjutnya tekan ikon berbentuk seperti kotak-kotak di kanan bawah yang bila kamu arahkan kursor ke sana akan muncul tulisan “Normal”.
  3. Jika kamu sudah menekannya, maka watermark bertuliskan page akan hilang.
Selain cara diatas, kamu juga bisa menggunakan cara lama yang bisa diikuti seperti panduan dibawah ini!!

Cara Menghilangkan Watermark Tulisan Page di Excel 2007 & 2010

Bagi yang masih menggunakan Microsoft Excel versi tahun 2007 dan 2010, cara menghilangkannya bisa seperti panduan dibawah ini. Kamu juga bisa gunakan cara dibawah untuk Excel versi baru 2013 ke atas . 

  1. Buka dulu file Excel nya yang ada tulisan Page 1, 2, 3 dst.
  2. Jika sudah terbuka, buka menu “View” di atas layar.
  3. Pada grup “Workbook views” klik pada bagian “Normal”. Letaknya biasanya di kiri atas.
  4. Jika sudah aktif, watermark Page akan hilang.

Akhir Kata

Menghilangkan watermark bertuliskan Page 1, 2, 3 di Microsoft Excel sangat mudah dilakukan. Kamu bisa menghilangkannya baik di Excel versi lama 2007 atau 2010 hingga terbaru 2013, 2016, 2019, 2021.

Cara menghilangkannya pun cukup mudah tinggal kamu ganti saja tampilan view workbook menjadi normal seperti salah satu tutorial yang sudah kami ajarkan diatas.

Show comments