Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengembalikan File PPT yang Hilang Belum Tersimpan

Daftar Isi [show]

Soalskul.com – Pasti diantara kita pernah mengalami masalah laptop yang tiba-tiba mati atau aplikasi PowerPoint yang tidak merespon bukan? Bila hal ini terjadi saat sedang mengedit file di PPT, bisa jadi file tersebut akan hilang karena belum disave.

Mengalami kehilangan file PowerPoint (PPT) yang belum disimpan bisa menjadi pengalaman yang sangat menjengkelkan, terutama jika file tersebut berisi informasi penting atau telah memakan banyak waktu untuk membuatnya. 

Tapi, kamu jangan khawatir, karena ada beberapa langkah yang dapat kamu coba untuk mengembalikan file PPT yang hilang. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan file PPT yang belum disimpan.

seseorang sedang mengembalikan file ppt yang hilang belum tersimpan

Baca: Template PPT Sidang Skripsi Aesthetic

Cara Mengembalikan PPT yang Terhapus dan Lupa Tidak Tersimpan

Tak jarang ketika kita sedang mengedit file PowerPoint di laptop tiba-tiba device kita mati atau mengalami not respondung. Alhasil file yang sedang kita edit hilang dan belum tersimpan.

Untungnya Microsoft memiliki fitur backup untuk menyimpan file yang sebelumnya kita edit. Biasanya untuk mengembalikan PPT yang tidak tersimpan adalah dengan membuka kembali PPT di laptop mu, maka saat terbuka akan langsung tampil notifikasi pemulihan untuk file yang sebelumnya belum disimpan.

Akan tetapi jika kamu tidak kunjung melihat notifikasi pemulihan tersebut saat membuka PPT nya kembali, kamu bisa cek backup file PPT nya seperti dibawah.

  1. Langkah pertama buka aplikasi PowerPoint di Laptop Windows atau Macbook mu kemudian buat file PPT baru.
  2. Lalu buka menu “File” > “Info” > “Manage Presentation” > “Recover unsaved presentations”.
  3. Otomatis akan terbuka halaman file manager yang berisi semua backup file PPT yang pernah di edit.
  4. Cari file PPT mu yang belum tersimpan disana.
  5. Jika sudah ketemu, klik file PPT nya dan klik “Open”.
  6. Otomatis file PPT yang sebelumnya belum tersimpan akan dibuka.

Panduan ini telah dibahas dalam dokumentasi resmi Microsoft. Kamu dapat mengunjunginnya dalam dokumentasi mereka yang berjudul Memulihkan versi file Office.

Baca: Cara Memasukan Video Kita di PPT Presentasi Canva

Cara Mengembalikan PPT Hilang dengan Aplikasi Recovery Data

Selanjutnya kita bisa memanfaatkan aplikasi recovery data pihak ketiga yang bisa digunakan untuk mencari sebuah data atau file yang terhapus di laptop. 

Aplikasi semacam ini banyak tersedia di internet untuk versi Windows atau Macbook. Sebagai contoh kamu bisa gunakan aplikasi Recoverit untuk melakukannya.

Aplikasi ini tersedia untuk versi Windows dan Macbook. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  1. Download aplikasi Recoverit terlebih dahulu.
  2. Instal aplikasi nya.
  3. Buka aplikasi nya.
  4. Pilih disk lokasi file PowerPoint tersimpan.
  5. Klik "Start" untuk memulai pemindaian.
  6. Cari file PPT nya.
  7. Jika sudah ketemu klik "Recover".

Baca: Cara Ngeprint PPT 1 Lembar Isi Beberapa Slide

Akhir Kata

Cara mengembalikan file PPT yang belum tersimpan adalah dengan membuka halaman pemulihan dibagian File > Open > Recover unsaved presentations

Cara ini bisa kamu lakukan bila PC mu mengalami error, not responding dll sehingga membuat file PPT yang sedang kita ubah hilang dalam keadaan belum disimpan. Kamu bisa menggunakan cara mengembalikan laptop yang tidak tersimpan diatas baik di laptop Macbook atau Windows.

Show comments