Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencari Kata atau Kalimat Dalam Dokumen Word

Daftar Isi [show]

Soalskul.com – Dalam membuat sebuah dokumen di Microsoft Word, tak jarang kita ingin mencari teks berupa kata atau kalimat tertentu. Mungkin proses mencari secara manual akan lebih mudah bila tulisan dalam dokumen tersebut sedikit. 

Akan tetapi bagaimana bila tulisannya banyak sampai ratusan lembar? Mencari manual dengan membaca setiap kalimatnya tentu akan sangat merepotkan.

Mencari kata atau kalimat tertentu dalam file Word merupakan keterampilan penting yang perlu kita miliki agar bisa menghemat waktu.

Baik kamu yang sedang mencari kutipan dari buku teks digital, seorang yang perlu menemukan informasi spesifik dalam laporan panjang, atau kamu yang ingin mengganti kata tertentu dalam naskah, fitur pencarian di Microsoft Word adalah alat yang sangat bermanfaat.

Microsoft Word menawarkan beberapa cara untuk mencari kata atau kalimat dalam dokumen, mulai dari metode pencarian sederhana sampai fitur lanjutan yang dapat membantu kita mencari dan mengganti kata atau frasa secara otomatis. 

Artikel ini berisi tutorial cara mencari kata atau kalimat dalam dokumen Word. Dengan mengikuti tutorial ini, kamu dapat memaksimalkan penggunaan Microsoft Word dalam berbagai situasi menjadi lebih cepat dan efisien.

laptop membuka microsoft word dan sedang mencari kata dengan fitur find

Baca: Cara Scan Dokumen di HP Samsung: Bisa Secara Online

Mencari Kata atau Kalimat di Word dengan Cepat dan Mudah

Kita bisa mencari sebuah kata atau kalimat tertentu dalam dokumen Word dengan cepat dan mudah. Caranya adalah dengan menggunakan fitur Find atau panel navigasi. Untuk cara memunculkan panel navigasi di Word bisa kunjungi artikel kami sebelumnya.

Fitur ini tersedia juga di berbagai versi Word lama hingga baru mulai dari Word 2007, 2010, 2013, 2016, hingga 2019. Secara umum cara menggunakan fitur ini adalah dengan mengaktifkan fiturnya kemudian menuliskan kata atau kalimat yang ingin dicari pada kolom yang tersedia.

  1. Langkah pertama buka dulu file Word nya di PC mu
  2. Buka menu “Home”
  3. Arahkan kursor ke sisi kanan atas lalu pilih menu “Find” maka fitur tersebut akan muncul yang biasanya berada di sisi kiri layar.
  4. Dalam fitur Find ini tinggal kamu masukkan saja kata atau kalimat yang mau di cari pada kolom inputan yang tersedia
  5. Jika kata atau kalimat yang kamu tuliskan memang tersedia dalam dokumen word nya, kata tersebut akan otomatis terlihat dan ditandai highlight warna kuning.
  6. Untuk melihat hasil pencarian lainnya, klik tombol Enter

Pembahasan ini telah diulas dalam dokumentasi resmi Microsoft tentang cara menemukan teks dalam dokumen. Kunjungi dokumentasi tersebut untuk melihat selengkapnya.

Baca: Cara Mengganti Kata di Word Otomatis Secara Bersamaan

    Mencari Kata atau Kalimat di Word Menggunakan Keyboard

    Untuk mengaktifkan fitur Find di Microsoft Word, kita juga bisa melakukannya cukup dengan menekan tombol CTRL + F pada keyboard. Maka tampilan fitur Find akan ditampilkan. Selengkapnya kamu dapat melihat panduan dibawah ini.

    1. Langkah pertama buka file Word yang ingin dicari kata atau kalimat nya terlebih dahulu
    2. Jika sudah terbuka tekan tombol CTRL + F pada keyboard
    3. Setelah menekan tombolnya, fitur Find akan muncul yang biasanya berada di sebelah kiri layar
    4. Selanjutnya masukkan kata atau kalimat yang ingin di cari
    5. Otomatis kata atau kalimat yang kamu cari akan ditampilkan dengan ditandai highlight berwarna kuning
    6. Tekan Enter untuk mencari hasil lainnya

    Penutup

    Untuk mencari sebuah kata atau kalimat spesifik di Microsoft Word bisa menggunakan fitur Find seperti panduan diatas. Untuk mengaktifkan fitur ini bisa lewat menu Home atau tekan Ctrl + F pada keyboard.

    Cara diatas bisa kamu ikuti untuk semua jenis Word baik tahun 2007, 2010, 2013, 2016, 2019 dll karena caranya tidak jauh berbeda. Cara ini bisa digunakan di laptop Windows hingga Macbook.

    Show comments