Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambahkan Akun Classroom Lain Pada Device Kita

Daftar Isi [show]

Soalskul.com – Tak jarang kita memiliki lebih dari satu akun Google Classroom. Setiap akun GCR memiliki kelas nya masing-masing misalnya saat kita memiliki beberapa peran di institusi yang berbeda atau ingin memisahkan antara akun pribadi dan akun sekolah

Google Classroom ialah platform belajar yang sangat bermanfaat bagi siswa dan guru di era digital ini. Dengan Classroom, proses belajar-mengajar menjadi lebih terstruktur dan efisien. 

Menambahkan akun Google Classroom lain di HP dan laptop sebenarnya cukup mudah dilakukan. Meskipun demikian, banyak juga yang masih belum memahaminya. 

Pada artikel ini, kami akan membahas secara detail bagaimana cara menambahkan akun Google Classroom lain di kedua perangkat tersebut HP dan PC. Dengan mengikuti tutorial ini, kamu dapat dengan mudah beralih antara akun yang satu dengan yang lainnya tanpa harus keluar masuk akun secara berulang.

tangan memegang hp yang sedang menambahkan akun google classroom

Baca: Cara Merekam Zoom Meeting di HP Ada Suaranya

Menambahkan Akun Classroom Lain di Laptop

Bila kamu memiliki lebih dari satu akun Google Classroom, kamu bisa menambahkan akun baru tersebut ke laptop mu agar bisa dengan mudah dan cepat berpindah akun. Caranya cukup mudah bisa ikuti tutorial dibawah ini.

  1. Langkah pertama buka browser di laptop mu misal Google Chrome.
  2. Selanjutnya buka platform GCR pada https://classroom.google.com
  3. Asumsikan bahwa kamu sudah login ke dalam akun Classroom mu yang satunya dan posisi sekarang ingin menambah akun baru.
  4. Langkah selanjutnya kamu bisa klik ikon foto profil akun Classroom mu di pojok kanan atas.
  5. Selanjutnya pilih tulisan “Tambahkan akun lain”.
  6. Kamu akan dibawa ke halaman login lalu login ke dalam akun Classroom baru yang ingin ditambahkan.
  7. Bila proses login berhasil, sekarang waktunya berpindah akun caranya dengan klik ikon foto profil akun Classroom mu di kanan atas lalu klik akun classroom yang dinginkan.
Baca: Begini Cara Mendapatkan File di Classroom ke Memori Internal

Menambahkan Akun Google Classroom Lain di HP

Jika kamu lebih sering menggunakan smartphone untuk mengoperasikan Google Classroom, kami akan ajarkan cara menambahkan akun Classroom baru lewat aplikasi GCR HP. Dengan begini kamu akan lebih mudah berpindah kelas yang berbeda akun. Berikut caranya.

  1. Kami asumsikan bahwa kamu sudah download aplikasi Google Classroom di HP dan sudah pernah login ke dalam aplikasinya dengan akun Classroom lain yang kamu miliki. 
  2. Pertama buka aplikasi Classroom nya di HP mu.
  3. Selanjutnya tekan ikon foto profil akun Classroom mu di pojok kanan atas.
  4. Otomatis akan ditampilkan beberapa daftar akun Gmail yang terhubung di HP mu.
  5. Jika akun Classroom mu ada di salah satu daftar akun gmail tersebut, tinggal klik saja akun gmail nya. Namun bila tidak ada, gulir ke bawah dan klik “Add another account”.
  6. Kamu akan dibawa ke halaman login lalu login dengan akun Classroom baru nya.
  7. Bila login sudah sukses, untuk beralih akun cukup klik ikon foto profil akun Classroom di kanan atas dan pilih akun Classroom yang diinginkan.
Panduan ini sudah dibahas dalam dokumentasi resmi Google Classroom tentang bagaimana cara login ke classroom. Disana dijelaskan mulai dari cara login pertama kali hingga cara menambahkan atau berpindah ke akun lain baik untuk pengguna HP Android, iPhone, hingga komputer.

Penutup

Cara menambahkan akun Google Classroom lain yang kita miliki sangat mudah dilakukan. Baik pengguna HP atau laptop caranya tidak jauh berbeda. Cukup kamu buka Google Classroom nya, klik ikon foto profil akun GCR mu sebelumnya, klik tambah akun, kemudian login dengan akun classroom yang kamu miliki. 

Bila sudah berhasil login maka untuk berpindah-pindah antar akun cukup klik foto profil nya kemudian pilih akun google classroom yang ingin dibuka.

Show comments