Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Rumus Matematika di Word: Pangkat Hingga Pecahan Per

Daftar Isi [show]

Soalskul.com – Cara membuat atau menulis rumus matematika di Microsoft Word memang sering ingin diketahui oleh banyak orang. Pasalnya dalam membuat dokumen di Word tak jarang kita memerlukan untuk menulis sebuah rumus.

Bila kita membuat rumus secara manual di Word sudah dipastikan hasilnya akan kurang rapi. Apalagi beberapa rumus yang lebih kompleks memiliki susuanan yang cukup rumit sehingga sangat tidak memungkinkan untuk kita membuatnya secara manual.

Untungnya Microsoft Word tidak hanya digunakan untuk membuat dokumen dalam bentuk teks biasa, tetapi juga memiliki fitur canggih untuk membuat dan mengedit rumus matematika, fisika, hingga kimia. 

Fitur ini sangat berguna bagi pelajar, mahasiswa, guru, atau siapa saja yang sering berurusan dengan rumus dan persamaan matematika. 

Pada pembahasan kali ini, kita akan mengupas secara tuntas cara membuat berbagai jenis rumus matematika di Microsoft Word, mulai dari pangkat hingga pecahan (per). 

Dengan panduan yang kami sajikan ini, kamu bisa membuat dokumen yang lebih profesional dan mudah dibaca, tanpa perlu software tambahan bahkan untuk pemula. Mari kita mulai dan eksplorasi kemampuan matematika Microsoft Word!

ilustrasi seseorang sedang menulis rumus matematika di microsoft word lewat komputer

Bagaimana Cara Menulis Rumus Matematika di Word?

Bila kita ingin menulis sebuah rumus matematika atau kimia di Microsoft Word, maka kita harus menggunakan fitur Equation atau Symbol agar lebih mudah dan rapi.

Dengan fitur equation kita bisa mengetik berbagai macam rumus matematika muali dari yang sederhana seperti pangkat, pecahan hingga yang kompleks.

Lalu bagaimana cara membuat rumus dengan equation di Word? dan pintasan CTRL apa untuk menggunakan equation? lihat panduan dibawah selengkapnya.

  1. Langkah pertama pastikan kamu sudah membuka lembar dokumen Word di komputer mu.
  2. Lelanjutnya jangan lupa letakkan kursor di bagian yang ingin ditambahkan rumus nya.
  3. Jika sudah, lanjut masuk ke menu "Insert" > “Equation” yang ada di kanan atas layar. Atau gunakan pintasan keyboard ALT + = untuk membukanya.
  4. Jika sudah diaktifkan fitur equation nya, akan terlihat text box pada lembar Word kita dan menu bar “Equation” akan terbuka dibagian atas layar.
  5. Selanjutnya tinggal kamu pilih saja rumus yang diinginkan pada menu bar “Equation”.
Untuk panduan cara menggunakan fitur equation di Microsoft Word sudah dijelaskan dalam halaman dukungan Micsrisift yang berjudul cara menulis persamaan atau rumus secara lengkap serta dalam bentuk video yang bisa memudahkan kalian.

Cara Buat Rumus Pecahan (Per) di Word

Salah satu rumus matematika yang paling sering dibuat oleh orang-orang di Microsoft Word adalah rumus pecahan atau per atau pembagian. Buat kamu yang ingin mencoba membuatnya juga, ikuti panduan dibawah ini.

  1. Buka file Word nya lalu letakkan kursor di bagian kamu ingin menambahkan rumus nya.
  2. Buka “Insert” > “Equation” > "Fraction".
  3. Akan tampil beberapa pilihan penulisan pecahan yang tersedia. Klik salah satu sesuai yang kamu butuhkan.
  4. Jika sudah di klik, sebuah text box akan muncul dengan format pecahan yang kamu pilih.
  5. Langkah selanjutnya tinggal kita isi saja setiap kotak kosong yang ada di dalam text box tersebut dengan nilai atau angka yang kamu mau.

Cara Buat Rumus Pangkat di Word

Selain pecahan, rumus lain yang juga sering dibuat di Word adalah rumus pangkat baik pangkat 2, 3, 4 dan seterusnya. Buat kamu yang penasaran bagaimana cara menulis rumus pangkat di Word, ikutu tutorial dibawah ini.

  1. Buka file Word nya dan letakkan kursosr di posisi yang diinginkan.
  2. Masuk ke menu “Insert” > “Equation” > "Script".
  3. Akan tampil beberapa pilihan jenis pangkat yang tersedia. Klik pada salah satu jenis yang sesuai dengan kebutuhanmu.
  4. Jika sudah dipilih, sebuah text box akan muncul yang didalamnya terdapat format untuk menulis rumus pangkat. 
  5. Isi kotak kosong yang ada di dalam text box nya sesuai dengan nilai atau angka yang kamu inginkan.

Penutup

Dalam membuat dokumen di Microsoft Word, tak jarang kita perlu menuliskan sebuah rumus matematika, fisika, kimia dan lain sebagainya.

Untungnya dengan bantuan menu equation yang tersedia di Microsoft Word, kita bisa menuliskan rumus yang jauh lebih rapi dan mudah seperti panduan diatas.

Show comments