Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cepat Membuat Nomor Urut di Excel Secara Otomatis

Daftar Isi [show]

Soalskul.com – Cara membuat nomor urut otomatid di Excel dengan cepat memang banyak dicari tau oleh orang-orang. Tentu saja akan sangat merepotkan bila kita harus membuat nomor urut di Excel secara manual satu persatu apalagi bila datanya banyak sampai ratusan hingga ribuan.

Microsoft Excel merupakan sebuah program spreadsheet yang paling populer di dunia yang digunakan untuk berbagai jenis tugas seperti penghitungan, analisis data, dan pemformatan.

Membuat nomor urut di Excel merupakan salah satu keterampilan dasar yang sering dibutuhkan, terutama saat mengolah data dalam jumlah besar.

Dengan menggunakan fitur otomatisasi di Excel, kita bisa membuat nomor urut tanpa harus mengetik satu per satu secara manual. Artikel ini akan membahas cara membuat nomor urut di Excel secara otomatis dengan cepat dan efisien, sehingga pekerjaan kita akan menjadi lebih mudah dan produktif.

sebuah komputer membuka microsoft excel dan seseorang sedang membuat nomor urut

Cara Buat Nomor Urut di Excel dengan Auto Fill

Cara cepat dan otomatis untuk membuat nomor urut di Excel adalah dengan memanfaatkan Auto Fill. Cara kerjanya cukup masukkan minimal 2 nomor pada cel 1 dan 2, blok ke 2 nomor tersebut, lalu tarik kebawah dan nomor urut akan di buat secara otomatis. Bila kamu masih bingung, langsung saja lihat panduan kami dibawah ini.

  1. Misal kita membuat nomor urut 1 pada cell B2
  2. Selanjutnya pada cell B3 beri nomor urut 2
  3. Lalu blok cell B2 dan B3
  4. Arahkan kursor ke kotak kecil yang ada di sudut kanan bawah cell B3 hingga kursor berubah menjadi “+”.
  5. Selanjutnya klik 2x dan tahan pada kotak kecil tersebut, lalu tarik ke bawah sampai dengan nomor yang diinginkan.
  6. Maka nomor akan dibuatkan secara berurutan ke bawah.
Kamu bisa kunjungi dokumentasi Microsoft tentang cara menomori baris secara otomatis di Excel untuk panduan lengkap nya. Disana tersedia juga tutorial dalam bentuk video yang mudah dipahami.

Cara Buat Nomor Urut di Excel dengan Fill Series

Menggunakan fitur Fill Series juga bisa membantu kita membuat nomor urut otomatis di Excel. Dengan cara ini bahkan bisa membuat nomor urut di excel dengan cepat bisa 1-100 bahkan sampai 1000 nomor sekaligus. Ikuti panduan berikut untuk melakukannya.

  1. Buka Excel di PC mu.
  2. Masukkan nomor 1 pada cell B2. Atau sesuaikan dengan kebutuhan mu.
  3. Klik cell B2 tersebut kemudian buka menu “Home”.
  4. Masuk ke menu “Fill” > “Series..” otomatis tampil menu pengaturan.
  5. Lanjut ganti pada bagian “Series in” menjadi “Columns” jika kamu mau membuat nomor urut ke bawah. Atau ganti menjadi “Rows” jika nomor urutan nya ke samping.
  6. Selanjutnya pada bagian “Type” ganti ke “Linear”.
  7. Selanjutnya pada bagian “Step value” isi angka 1 dan “Stop value” isi angka sesuai keinginan mu misal 1000.
  8. Klik tombol “OK” untuk menyimpan pengaturannya.
  9. Nomor urut 1-1000 akan dibuat otomatis.

Cara Buat Nomor Urut di Excel Agar Tidak Berubah dengan Rumus

Banyak juga yang mengalami setelah dilakukan filter di Excel seperti filter sesuai urutan nama, tanggal lahir dll, urutan nomor juga akan berubah. Tentu kita tidak ingin hal ini terjadi.

Untuk mengatasinya kita bisa membuat nomor urut di excel dengan rumus. Meskipun caranya sedikit rumit, namun kita tetap bisa membuat nomor urut di excel agar tidak berubah. Secara sederhana ikuti panduan berikut.

  1. Klik pada cell dengan nomor urut 1. Misal cell D4
  2. Pada cell tersebut, tuliskan rumus =ROWS($D$4:D4). Ingat, rumus ini harus disesuaikan dengan cell nomor urut 1 nya. Jika nomor urut ada di B2, maka rumusnya  =ROWS($B$2:B2).
  3. Jika sudah di tulis rumus nya, tekan Enter untuk menampilkan nomor urut 1 nya.
  4. Untuk nomor urut selanjutnya, kamu tinggal double klik kotak kecil di pojok kanan bawah cell nomor urut 1 lalu tarik ke bawah sampai jumlah nomor yang diinginkan.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah kami paparkan diatas, sekarang kamu bisa membuat nomor urut di Excel secara otomatis dan cepat. Kamu bisa memanfaatkan fitur Auto Fill atau Fill Series untuk membuat nomor urut otomatis di Excel dari 1 sampai 100, 1000 bahkan lebih. 

Bila kamu memiliki kendala setelah melakukan filter pada data di Excel dan nomor urutnya akan teracak, kamu bisa mengakalinya dengan tutorial cara membuat nomor urut di Excel agar tidak berubah seperti panduan diatas.

Teknik ini tidak hanya menghemat waktu tetapi juga meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi jika dilakukan secara manual. Semoga panduan ini bermanfaat dan dapat membantu meningkatkan efisiensi kerja mu dalam mengolah data di Excel.

Show comments