Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rumus Modus di Excel: Mencari Nilai Sering Muncul Disertai Contoh

Daftar Isi [show]

Soalskul.com – Rumus Modus di Excel untuk mencari nilai yang paling sering muncul dalam kumpulan data memang banyak dicari tau oleh orang-orang.

Pasalnya modus merupakan salah satu teknik dalam statistik yang paling umum untuk mencari nilai yang sering muncul.

Excel memiliki berbagai fungsi yang dapat mempermudah penggunanya dalam melakukan analisis data. Salah satunya adalah rumus modus.

Rumus Excel modus dapat digunakan dalam mengelola data kelompok atau tunggal untuk mendapatkan nilai yang paling sering muncul.

Lalu bagaimana cara mencari modus di Excel dengan rumus? Yuk selengkapnya lihat panduan kami dibawah ini!!

komputer diatas meja tampak dilayar membuka microsoft excel untuk mencari nilai modus dari kumpulan data

Rumus Modus Excel

Sebelum membahas lebih dalam, terlebih dahulu kita akan ajarkan tentang apa itu rumus modus di Microsoft Excel. Dalam statistik kita akan menemukan istilah modus, median, dan mean. Modus sendiri digunakan untuk mencari nilai yang sering muncul dari sekumpulan data. 

Jadi dapat dikatakan bahwa rumus modus di Excel adalah sebuah perintah yang dimanfaatkan guna mencari nilai yang paling sering muncul dalam satu set data.

Modus di Excel ini merupakan fungsi yang sangat penting untuk melakukan analisis data seperti membantu memahami distribusi data, membantu mengidentifikasi tren dan pola dalam data, membantu memberikan pemahaman tentang preferensi data kategorikal, juga dapat membantu mengidentifikasi outlier atau nilai ekstrim.

Adapun rumus modus Excel adalah MODE dimana kamu bisa menuliskan rumusnya seperti =MODE(data_range).

Baca: Cara Mencari Ranking di Excel Serta Contohnya

Cara Mencari Modus Data Angka di Excel

Dibagian ini kami akan ajarkan cara mencari nilai modus menggunakan rumus MODE pada data Excel yang berbentuk angka. Ikuti panduan dibawah ini.

Susun Rapi Data yang Akan di Kelola

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan dalam mnghitung modus di excel adalah menyiapkan data yang akan di kelola. Pastikan data nya sudah di susun dengan rapi sehingga memudahkan dalam pengaplikasiannya.

Aplikasikan Rumus Modus Excel

Cara mencari modus di Excel menggunakan rumus untuk mendapatkan nilai yang paling sering muncul caranya:

  1. Letakkan kursor pada sel yang ingin dijadikan sebagai output menampilkan hasil modus.
  2. Pada sel tersebut tulis rumus dalam tanda petik berikut "=MODE(data_range)".
  3. Jika sudah tekan saja tombol "Enter" untuk menampilkan nilai modus.
Keterangan: "data_range" diisi rentang sel yang berisi data yang ingin dianalisis. Contohnya tulis rumus =MODE(B1:B20). Bila ada lebih dari satu nilai modus, maka nilai yang ditampilkan adalah nilai dengan urutan paling atas. Lalu bila tidak ada nilai yang keluar lebih dari satu kali, akan muncul notif kesalahan ("#N/A").

Kunjungi dokumentasi resmi Microsoft tentang MODE (Fungsi MODE) untuk mengetahui panduan lengkap cara penggunaan rumus modus disertai contoh yang lengkap.

Cara Mencari Modus Data Huruf di Excel

Selain untuk mencari modus berupa data angka, Excel juga bisa mencari modus untuk data yang berupa huruf atau teks. Caranya tidak terlalu berbeda seperti panduan sebelumnya hanya saja menggunakan rumus INDEX seperti dibawah:

=INDEX(B1:B20,MODE(MATCH(B1:B20,B1:B20,0)))

Sesuaikan rentang datanya (B1:B20) sesuai kondisi data mu. Dengan rumus diatas akan ditampilkan nilai yang paling sering muncul di Excel dalam data yang berbentuk teks atau huruf.

MODE.SNGL & MODE.MULT

Selain penggunaan rumus modus secara umum yakni MODE, ada juga rumus MODE yang telah ditingkatkan fungsinya untuk menganalisis set data yang lebih kompleks. Rumus tersebut ialah MODE.MULT dan MODE.SNGL.

MODE.MULT

MODE.MULT dimanfaatkan saat ada lebih dari satu mode dalam sebuah set data. Rumus modus ini akan menampilkan semua mode yang ada jika ada beberapa mode dengan frekuensi yang sama. Namun bila mode tidak ada yang berulang, akan tampil notif error "#N/A".

MODE.SNGL

MODE.SNGL dimanfaatkan saat terdapat satu mode tunggal dalam set data. Rumus ini menampilkan mode tunggal yang sering muncul dalam set data. Namun bila mode tidak ada yang, akan tampil notif error "#N/A".

Dapat kita simpulkan bahwa, MODE.MULT dan MODE.SNGL memiliki perbedaan dari sisi jumlah mode yang dihasilkan. MODE.MULT akan menampilkan semua mode yang ada, sedangkan MODE.SNGL hanya menampilkan satu mode tunggal sering muncul.

Kamu dapat mendalami perbedaan antara MODE.MULT dan MODE.SNGL dalam dokumentasi resmi microsoft serta contoh penggunaannya. 

Baca: Cara Membuat Kolom Tanda Tangan di Excel

Contoh Cara Mencari Modus di Excel dengan Rumus

Kurang lengkap rasanya bila kita tidak menjelaskan contoh penggunaan rumus modus di Excel. Kamu bisa lihat beberapa contoh cara mencari modus di Excel seperti dibawah.

Mencari Nilai Modus Hasil Ulangan

Penggunaakn rumus modus di Excel ini bisa dimanfaatkan untuk mencari nilai yang sering muncul dalam sebuah ulangan.

Karena nilai ulangan dalam bentuk angka, kamu bisa gunakan rumus MODE untuk mengetahuinya. Dengan begitu kamu bisa melakukan analisis lebih mendalam setelah mengetahui modus nya.

Mencari Nilai Modus Data Sales

Rumus modus di Excel juga bisa digunakan untuk mencari data produk yang paling sering terjual berdasarkan rentan waktu khusus. Dengan begitu kita bisa melakukan analisis dan membuat rencana penjualan kedepannya.

Tips Menggunakan Rumus Modus Excel

Filter terlebih dahulu data yang akan dikelola sesuai dengan kelompok data nya sehingga akan membantu kita tetap fokus pada subset data yang relevan.

Bentuk data berupa angka atau huruf memiliki rumus yang berbeda. Gunakan rumus MODE untuk data berupa angka dan INDEX untuk data berupa huruf.

Bila kamu memiliki data kategorikal seperti warna atau jenis produk, manfaatkan rumus modus yang ditingkatkan yakni "=MODE.MULT(data_range)".

Bila data yang akan diolah berupa data yang kompleks dengan lebih dari satu dimensi, gunakan rumus modus array yakni "=MODE.SNGL(data_range)" .

Baca: Cara Convert PDF ke Excel Terbaik Online dan Offline

Akhir Kata

Itulah tadi rumus modus di Excel. Kamu bisa gunakan rumus MODE untuk mencari nilai yang seering muncul berupa angka. Atau gunakan alternatif lain seperti rumus INDEX untuk mencari data yang paling sering muncul di Excel dalam bentuk huruf.

Gunakan juga MODE.MULT dan MODE.SNGL untuk konteks set data yang lebih komplek agar memaksimalkan hasil analisis mu.

Show comments