Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Cara Record Zoom Meeting Sebagai Peserta atau Host

Daftar Isi [show]

Soalskul.com – Cara record Zoom Meeting mudah dilakukan baik lewat laptop Windows atau MacBook. Kamu bisa melakukannya setelah memenuhi beberapa persyaratan sebagai peserta atau host.

Di era digital saat ini, Zoom telah menjadi tools penting dalam memulai pertemuan secara online, baik untuk keperluan kerja, pendidikan, atau webinar. Namun, tidak jarang peserta atau host menghadapi tantangan dalam merekam layar di Zoom Meeting.

Salah satu permasalahan umum yang sering dialami yaitu para peserta yang tidak bisa menggunakan fitur record tanpa izin dari host, atau host yang tidak tahu cara mengaktifkan fitur record nya.

Solusi untuk masalah ini melibatkan langkah-langkah sederhana yang bisa kamu lakukan baik sebagai peserta atau host untuk memulai merekam layar Zoom.

Artikel ini akan membahas secara rinci cara record Zoom Meeting laptop, baik sebagai peserta maupun host. Yuk ikuti panduan dibawah untuk informasi lengkapnya.

laptop diatas meja sedang memulai zoom meeting dengan beberapa orang

Syarat Record Zoom Meeting

Ada beberapa hal yang perlu kamu penuhi sebelum memulai record Zoom Meeting. Baik pengguna Zoom gratis atau berbayar bisa menggunakan fitur ini. Namun tidak sembarangan orang bisa merekam layar Zoom kecuali telah memenuhi syarat dibawah.

  1. Kamu adalah host atau bila kamu peserta, pastikan sudah diberi izin record oleh host.
  2. Gunakan Zoom meeting desktop versi terbaru. Zoom desktop client untuk Windows, macOS, atau Linux minimal versi 2.0 atau versi yang leih baru.
  3. Hasil rekaman zoom akan tampil di memory laptop mu. Jadi pastikan device mu memiliki memory kosong yang cukup agar proses penyimpanan tidak bermasalah.

Cara Record Zoom di Laptop

Fitur record layar Zoom Meeting saat ini hanya tersedia di versi desktop. Jadi kamu hanya bisa menggunakan fitur rekam layar di Zoom laptop atau komputer saja. Kamu bisa memulai merekam layar Zoom seperti tutorial dibawah ini.

  1. Pastikan kamu sudah memenuhi semua syarat diatas agar fitur record Zoom nya muncul.
  2. Pastikan kamu sudah buka aplikasi Zoom meeting di laptop mu dan sudah join room.
  3. Dibagian bawah layar kamu akan menemukan tombol “Record” lalu klik tombol tersebut.
  4. Otomatis layar Zoom akan di record dengan ditandai di atas layar tampil waktu recording nya.
  5. Kamu bisa menghentikan dan mematikan record nya dibagian bawah layar.
Untuk mendapatkan panduan terkait syarat dan cara record Zoom secara lengkap, kamu bisa kunjungi dokumentasi resmi Zoom tentang mengaktifkan dan memulai rekaman lokal.

Cara Host Memberi Izin Peserta untuk Record Zoom

Bagi para peserta Zoom, mereka bisa merekam layar hanya jika telah diberi izin oleh host untuk melakukannya. Host bisa memberi izin peserta untuk merekam layar dengan cara:

  1. Buka peserta
  2. Lainnya pada peserta yang dituju
  3. Izinkan Rekaman.
Setelah itu peserta yang telah diizinkan akan melihat fitur record tersedia di tampilan Zoom nya.

Apakah Bisa Record Zoom Sebagai Peserta Tanpa Izin Host?

Banyak yang bertanya apakah kita bisa merekam layar Zoom Meeting sebagai peserta tanpa perlu izin host? Jawabannya adalah tidak bisa. Kamu tidak bisa menggunakan fitur record di Zoom tanpa persetujuan host sebagai peserta.

Namun kamu bisa mengakalinya dengan memanfaatkan fitur rekaman layar pihak ketiga diluar aplikasi Zoom Meeting untuk merekam layar.

Bagi pengguna windows, kamu bisa gunakan fitur rekam layar bawaan untuk merekam layar dengan menekan tombol Windows + Alt + G. Atau gunakan saja aplikasi perekam layar pihak ketiga lainnya seperti Bandicam.

Baca: Cara Membuat Link Zoom Meeting di HP

Akhir Kata

Cara record Zoom memang mudah dilakukan yaitu tinggal klik saja fitur record yang tersedia dibagian bawah layar laptop mu. Namun untuk mendapatkan fitur ini, ada beberapa syarat yang perlu kamu penuhi seperti yang sudah kami bagikan diatas.

Show comments