Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Hapus Kolom dan Baris Kosong di Excel: Gunakan Shortcut Ini

Daftar Isi [show]

Soalskul.com – Menghapus sebuah kolom atau baris di Microsoft Excel merupakan satu hal yang umum dilakukan. Daripada kita memindah kolom atau baris tertentu ke bagian lainnya untuk membuatnya lebih rapi, lebih baik kita hapus saja bagian tersebut agar lebih cepat.

Mengelola data di Excel bisa menjadi tantangan, apalagi bila kita memiliki dataset yang besar. Ruang kosong di Excel tak dapat dihindari karena adanya perubahan dan perpindahan data.

Untungnya, Excel menawarkan beberapa shortcut untuk dengan cepat dan efisien menghapus kolom dan baris. Lalu bagaimana cara menghapusnya? buat kamu yang penasaran langsung saja simak pembahasan kami dibawah ini!!

komputer membuka microsoft excel yang berisi data

Cara Menghapus Baris di Excel

Ada beberapa shortcut yang dapat digunakan untuk hapus baris excel. Kamu bisa menghapus nya baik baris yang kosong atau yang memiliki data. Disediakan juga alternatif cara menghapus baris di excel sekaligus banyak agar dapat mempercepat proses penghapusan.

Kami bagi beberapa alternatif shortcut yang praktis dan cepat untuk menghapus baris di Microsoft Excel menjadi beberapa cara mulai dari cara manual, menggunakan keyboard dan cara hapus banyak sekaligus. Berikut caranya.

Menggunakan Fitur Delete

Cara paling umum untuk menghapus baris di lembar kerja Excel adalah dengan klik kanan pada baris tersebut kemudian tekan saja opsi "Delete". Setelah itu pilih opsi hapus baris maka akan otomatis terhapus. Cara lengkapnya akan kami bagikan dalam panduan dibawah.

  1. Klik pada salah satu sel yang ada pada baris yang ingin dihapus.
  2. Lanjut klik kanan pada sel tersebut.
  3. Lalu klik menu "Delete".
  4. Akan muncul beberapa opsi lalu pilih “Entire row” lalu klik "OK".
  5. Dengan memilih opsi tersebut, baris Excel nya akan terhapus.

Menu delete juga tersedia di bagian ribbon Excel. Kamu bisa melihatnya di bagian Home > Delete (pada grup Cells). Jika kamu menggunakan cara ini, pilih opsi "Delete sheet row" untuk menghapus baris nya. 

Baca: Cara Mencari Ranking di Excel Serta Contohnya

Hapus Sekaligus Banyak

Tak jarang juga kita ingin menghapus beberapa baris Excel sekaligus agar lebih cepat dan tidak memakan banyak waktu apalagi bila terdapat banyak baris yang akan dihapus.

Tentu saja ada cara praktis untuk melakukannya. Kamu bisa menghapus baris di excel sekaligus banyak dengan cara menyeleksi beberapa baris nya terlebih dahulu baru di delete seperti cara sebelumnya. 

Untuk menyeleksi nya kamu tinggal gunakan tombol ctrl pada keyboard lalu klik saja mana baris yang akan dihapus. Berikut panduan lengkapnya.

  1. Tekan dan tahan tombol Ctrl pada keyboard.
  2. Lanjut klik salah satu sel pada baris-baris yang ingin dihapus.
  3. Kemudian klik kanan pada sel yang sudah diseleksi.
  4. Pilih menu "Delete" > “Entire row” > "OK".
  5. Otomatis baris-baris tersebut akan terhapus.

Cara Menghapus Kolom di Excel

Untuk cara menghapus kolom di excel dengan cepat caranya tidak jauh berbeda seperti saat menghapus baris Excel. Yang membedakan hanyalah opsi setelah klik menu delete saja. Dimana sebelumnya memilih opsi rows maka untuk hapus kolom pilih opsi column.

Sama seperti sebelumnya kami akan ajarkan shortcut hapus kolom di excel baik yang kosong maupun ada datanya. Kita juga akan ajarkan cara hapus banyak kolom sekaligus di Excel agar prosesnya lebih cepat.

Menggunakan Fitur Delete

Kamu bisa hapus kolom Excel dengan cara klik kanan pada kolom yang diinginkan lalu pilih "Delete". Lalu pilih opsi hapus kolom maka akan otomatis dihapus. Berikut caranya.

  1. Klik pada salah satu sel yang ada pada kolom yang ingin dihapus hingga terseleksi.
  2. Kemudian klik kanan pada sel yang sudah terseleksi.
  3. Kemudian pilih menu "Delete".
  4. Akan muncul beberapa menu dan pilih “Entire column” lalu klik "OK".
  5. Dengan memilih menu itu, kolom Excel yang sudah diseleksi akan terhapus.

Pada tab ribbon Excel kamu juga dapat menemukan fitur delete ini. Cukup masuk ke menu Home > Delete (pada grup Cells) > Delete sheet columns. 

Baca: Cara Mengaktifkan Macro di Excel: Panduan Lengkap

Hapus Sekaligus Banyak

Tentu saja kita juga bisa menghapus banyak kolom sekaligus di Microsoft Excel. Hal ini akan mempercepat proses penghapusan tanpa perlu melakukannya secara berulang.

Sederhananya kita hanya perlu menyeleksi beberapa kolom yang akan dihapus kemudian gunakan cara yang sama seperti di atas untuk melanjutkan penghapusannya.

Untuk menyeleksi kolom nya, kamu tinggal gunakan tombol ctrl pada keyboard lalu klik saja mana kolom-kolom yang akan dihapus. Berikut tutorial lengkapnya.

  1. Tekan dan tahan tombol Ctrl yang ada di keyboard laptop mu.
  2. Kemudian klik salah satu sel pada kolom-kolom yang ingin dihapus sampai terseleksi.
  3. Lanjut klik kanan pada sel yang sudah diseleksi.
  4. Pilih menu "Delete" > “Entire column” > "OK".
  5. Maka semua kolom yang sudah diseleksi akan d.ihapus

Cara Menghapus Baris dan Kolom Kosong di Excel Sekaligus

Sebagai tambahan, kami memiliki sedikit cara pintas untuk menghapus baris atau kolom yang kosong di Excel. Bila sebelumnya kita harus menyeleksi secara manual mana saja kolom atau baris yang akan dihapus, kali ini kami akan ajarkan shortcut menyeleksi kolom kosong dengan cepat.

Cukup manfaatkan fitur Find & Select maka kamu bisa menyeleksi semua kolom atau baris kosong Excel dengan mudah. Ikuti panduan berikut untuk menyeleksi kolom dan baris kosong excel sekaligus menghapusnya.

  1. Blok dulu semua data yang ada di excel.
  2. Lalu masuk ke menu “Home” > “Find & Select” > “Go to special”.
  3. Akan muncul sebuah popup kemudian ceklis opsi “Blanks” lalu klik “OK”.
  4. Secara otomatis semua kolom atau baris yang kosong akan terseleksi.
  5. Kemudian hapus seperti cara diatas Klik kanan > Delete > Entire row / Entire column > OK.

Simpulan

Untuk menghapus baris dan kolom excel memang mudah dilakukan. Kamu bisa gunakan menu delete yang tersedia untuk proses penghapusannya. 

Kamu juga bisa menghapus banyak baris dan kolom sekaligus dengan cara menyeleksi beberapa cell secara langsung. Tentu ini akan mempercepat tugas kita dalam mengoperasikan Microsoft Excel.

Show comments