Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengganti Kata di Word: Otomatis Secara Bersamaan

Daftar Isi [show]

Soalskul.com – Cara mengganti kata di Microsoft Word yang sama secara otomatis dan bersamaan memang sangat penting kita ketahui. 

Pasalnya tak jarang kita mendapati kesalahan besar dalam penulisan sebuah kata atau frasa yang dilakukan terus menerus sehingga membuat tulisan kita menjadi kurang baik.

Biasanya bila kita mendapati masalah salah penulisan di Word kita akan mencari kata dan mengeditnya secara manual satu persatu. Namun bila kamu memiliki dokumen dan kalimat yang banyak tentu cara ini akan sangat merepotkan.

Tapi apakah kamu tau bahwa kita bisa mengubah kata di Word yang sama sekaligus banyak secara otomatis dan bersamaan? Ya hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur find and replice. Lalu bagaimana cara menggunakan fitur ini? Yuk selengkapnya lihat panduan dibawah ini!!

komputer diatas meja sedang membuka dokumen microsoft word

Baca: Cara Membuat Paragraf Menjorok di Word ke Dalam yang Rapi

Cara Cepat Mengganti Kata yang Sama Sekaligus di Word

Microsoft Word memiliki fitur khusus yang mampu mengganti kata yang sama dalam sebuah dokumen secara bersamaan sekaligus agar lebih cepat. Dengan menggunakan fitur ini kita bisa ganti kata yang sama di Word secara otomatis dengan cepat. Berikut caranya.

  1. Pastikan kamu sudah membuka dokumen Microsoft Word nya.
  2. Langsung saja tekan tombol pada keyboard Ctrl + H
  3. Otomatis akan muncul kotak dialog "Find and Replace"
  4. Arahkan ke tab "Replace".
  5. Lalu pada "Find what" masukkan kata yang mau kamu ubah.
  6. Lalu pada "Replace with" masukkan kata baru nya.
  7. Jika sudah, tekan “Replace All” untuk menerapkan perubahan sekaligus ke semua kata yang sama. Atau tekan “Replace” untuk menerapkan perubahan satu persatu pada setiap kata secara berurutan.

Cara Mengganti Kata di Word dengan Find dan Replace

Cara sebelumnya memanfaatkan fitur find and replice di Microsoft Word untuk mengganti kata sekaligus secara otomatis. Selain menekan tombol Ctrl + H, untuk membuka dan menggunakan find dan replice juga bisa seperti cara berikut.

  1. Pastikan kamu sudah buka file Word nya.
  2. Buka menu “Home”.
  3. Buka menu “Find”. Posisinya berada di bagian atas kanan.
  4. Buka menu “Advanced find” maka kotak dialog "Find and Replace" akan muncul.
  5. Buka menu "Replace".
  6. Dibagian "Find what" masukkan kata yang mau diubah.
  7. Dibagian "Replace with" masukkan kata barunya.
  8. Klik tombol “Replace All” untuk menerapkan perubahan ke semua kata sekaligus dan otomatis, atau klik “Replace” untuk menerapkan perubahan pada kata satu persatu.
Selain digunakan untuk mengganti kata kamu juga bisa menggunakan cara ini untuk mengganti sebuah frasa. Kunjungi dokumentasi resmi Microsoft tentang cara menemukan dan mengganti teks karena disana kamu akan mendapatkan panduan lengkap cara mengganti kata di Word sekaligus secara bersamaan dan otomatis.

Akhir Kata

Cara ganti kata di Microsoft Word mudah dilakukan. Kamu bisa melakukannya dengan memanfaatkan fitur find and replice. Dengan fitur ini kita bisa menemukan kata atau frasa tertentu sekaligus mengubah semua kata yang sama secara bersamaan, otomatis dan cepat dalam sekali perubahan saja.

Tentu hal ini sangat menguntungkan kita tanpa perlu mencari dan mengedit kata yang salah satu persatu karena akan memakan waktu yang lama. Kamu bisa menerapkan cara mengganti kata di Word ini untuk semua seri word baik tahun 2007, 2010, 2013, 2016, 2019, 2021, 365.

Show comments