Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Paragraf Menjorok di Word ke Dalam yang Rapi

Daftar Isi [show]

Soalskul.com – Membuat awal paragraf menjorok ke dalam di Microsoft Word sangat sering di cari tau oleh kita yang sedang membuat dokumen.

Dalam membuat sebuah dokumen, rapi dan terstruktur adalah kunci untuk membuat setiap pembaca nyaman dalam memahami isinya. Salah satu cara membuat dokumen yang terstruktur dan rapi adalah dengan membuat paragraf yang menjorok di setiap awal kalimat. 

Fitur ini membantu memperjelas struktur tulisan dan memudahkan pembaca untuk mengikuti alur cerita atau argumen kita sampaikan. 

Lalu bagaimana cara membuat paragraf menjorok di Word? Mari kita ajarkan caranya dalam menciptakan dokumen yang rapi dan terstruktur dalam panduan dibawah ini.

ilustrasi gambar komputer tampak dilayar nya ada dokumen microsoft word dengan paragraf menjorok

Baca: Cara Membuat Daftar Isi di Word Otomatis

Cara Buat Paragraf di Word Secara Manual

Kita bisa membuat awalan setiap paragraf di Microsoft Word agar menjorok ke dalam dengan mudah. Secara manual cukup tekan sata tombol Tab pada keyboard maka awalan kalimat akan menjorok ke dalam. Secara lebih jelas akan kami ajarkan caranya melalui panduan berikut.

  1. Pastikan kamu sudah memiliki kalimat yang ingin di buat paragraf.
  2. Lanjut posisikan kuror tepat di awal kalimat dengan mengeklik nya.
  3. Langsung tekan tombol "Tab" pada keyboard mu.
  4. Otomatis awal kalimat akan menjorok ke dalam membentuk sebuah paragraf.
Sebagai tambahan kamu juga bisa mengatur ingin seberapa menjorok paragraf tersebut dengan cara menekan beberapa kali tombol Tab pada keyboard. Semakin banyak kamu menekan maka semakin dalam juga menjorok nya.

Selain itu kamu juga bisa mengatur seberapa menjorok nya sebuah paragraf di Microsoft Word dengan cara menggeser ikon segitiga kecil yang arahnya mengarah ke bawah (Firs line indent) pada penggaris yang ada di lembar dokumen.

Baca: Cara Memunculkan Panel Navigasi Word

Cara Buat Paragraf di Word Otomatis

Selain cara manual, ada juga cara otomatis untuk membuat paragraf yang menjorok ke dalam di Word. Dengan cara otomatis ini nantinya setiap kamu membuat kalimat dalam baris baru maka setiap awal kalimat akan menjorok ke dalam.

Kamu bisa membuat paragraf otomatis di Word lewat menu paragraph settings. Ikuti langkah-langkah berikut dalam membuatnya.

  1. Langkah pertama langsung buka menu “Home”.
  2. Cari grup bertuliskan “Paragraph” lalu klik ikon kecil berbentuk anak panah di pojok kanan bawah nya yang bertuliskan “Paragraph Settings”.
  3. Maka akan terbuka popup lalu masuk ke tab "Indents and Spacing".
  4. Lanjut pada bagian "Special" kamu ubah opsinya ke "Firs line".
  5. Dibagian "By:" kamu atur ingin seberapa menjorok paragraf nya.
  6. Jika sudah tekan saja "OK".
  7. Otomatis kalimat yang kamu blok atau yang nanti kamu tulis akan menjorok kedalam.
  8. Sekarang coba tuliskan sebuah kalimat di lembar Word maka awalan kalimat akan menjorok begitu juga bila kamu tekan enter dan membuat baris baru maka akan otomatis dibuat paragraf. 
Kamu bisa juga melihat dokumentasi resmi microsoft tentang cara mengindentasi baris pertama paragraf untuk membuat paragraf menjorok di Word.

Kesimpulan

Sangat mudah bukan cara membuat paragraf di Word. Kamu bisa membuatnya menjorok ke dalam untuk setiap awal kalimat dengan cara manual yaitu menekan TAB pada awal kalimat atau secara otomatis dengan melakukan sedikit pengaturan dibagian paragraph settings agar setiap awal kalimat yang dibuat akan otomatis menjorok.

Show comments