Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Buat Garis Kop Surat di Microsoft Word Secara Otomatis

Daftar Isi [show]

Soalskul.com – Cara membuat garis kop surat di Microsoft Word secara otomatis bisa dilakukan dengan mudah. Menggunakan pintasan ini kamu bisa membuat garis otomatis untuk kop surat.

Kop surat merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah surat. Dalam kop surat berisi beberapa informasi seperti nama, email, nomor telepon, alamat dan lain sebagainya.

Kop surat merupakan elemen penting dalam dokumen formal, seperti surat lamaran, surat resmi, dan laporan. Kop surat yang rapi dan profesional dapat memberikan kesan pertama yang baik kepada pembaca.

Microsoft Word menyediakan berbagai fitur untuk membantu Anda membuat garis kop surat dengan mudah dan sesuai dengan keinginan kita.

Dalam kop surat biasanya terdiri dari garis yang memisahkan antara informasi dalam kop dengan badan surat. Lalu bagaimana cara membuat garis kop surat di Word? buat kamu yang penasaran yuk simak pembahasan kami berikut ini.

membuat surat menggunakan microsoft word di laptop

Baca: Cara Membuat Daftar Isi di Word Otomatis

Cara Membuat Garis Kop Surat di Word dengan Tanda Khusus

Microsoft Word memiliki berbagai macam pintasan yang dapat mempercepat pekerjaan kita. Salah satu pintasan nya adalah bisa membuat semacam garis otomatis hanya dengan memasukkan tanda khusus pada lembar dokumen.

Dengan cara ini kita bisa membuat garis pada kop surat di Word dengan cepat, rapi, dan otomatis tentunya tanpa perlu membuat manual menggunakan shape..

Cara membuat garis otomatisnya cukup masukkan 3 tanda khusus berikut pada lembar dokumen Microsoft Word. Berikut beberapa tanda pintasan khusus untuk membuat garis otomatis di Word

  1. ###
  2. ---
  3. ___
  4. ===
  5. ~~~
  6. ***

Untuk membuat garis kop surat di Microsoft Word menggunakan tanda khusus diatas sangat mudah dilakukan. Cukup ikuti saja tutorialnya dibawah ini.

  1. Langkah pertama pastikan kamu sudah membuka file Word nya.
  2. Untuk membuat kop surat pertama kita harus buka menu “Insert” > “Header” > “Blank”.
  3. Buat kop surat selengkap mungkin mulai dari nama, logo, alamat, email, no telpon dan sebagainya.
  4. Selanjutnya kita akan ajarkan cara membuat garis di kop surat tersebut. Caranya pertama beri jarak dengan informasi kop surat yang sudah dibuat dengan badan surat dengan menekan  "Enter".
  5. Jika sudah diberi jarak yang sesuai keinginan, selanjutnya masukkan tanda khusus diatas misalnya *** sebanyak 3 kali.
  6. Tinggal kamu "Enter" saja maka garis akan terbuat secara otomatis.

Bila kamu merasa kurang cocok dengan garis yang dibuat, kamu bisa ganti menggunakan tanda lain karena setiap tanda memiliki tampilan yang berbeda.

Perlu kamu ingat bahwa garis yang dibuat akan menyesuaikan panjang margin. Jadi untuk membuatnya lebih panjang atau lebih pendek sesuai keinginan mi, kamu bisa mengaturnya lewat ruler.

Baca:  Cara Menghapus Halaman Kosong di Word yang Sudah di Page Break

Cara Membuat Garis Kop Surat di Word Secara Manual

Cara manual juga tersedia untuk membuat garis kop surat di Microsoft Word. Dengan cara ini kamu bisa mendapatkan pilihan garis yang lebih bervariasi.

Cukup gunakan fitur shape line maka kamu akan dapat memilih garis kop surat sesuai keinginan. Namun bila kamu bingung bagaimana cara menggunakan fitur ini, lihat saja tutorial dibawah.

  1. Pastikan kamu sudah membuat informasi dan identitas kop suratnya selengkap mungkin serta sudah memberikan jarak untuk garis nya agar lebih rapi.
  2. Langkah selanjutnya buka menu “Insert” > “Shape”.
  3. Klik pada ikon dengan bentuk garis bertuliskan “Line” maka kursor akan otomatis berubah bentuk menjadi tanda +.
  4. Lanjut letakkan kursor ke sisi kiri halaman Word > klik 2 kali dan tahan > Geser kursor ke sisi kanan halaman dengan menekan tombol “Shift” agar garis tetap lurus.
  5. Jika garis sudah terbentuk, lepaskan kursor diikuti tombol shift nya.
Kamu dapat menyesuaikan garis  tersebut ke posisi yang diinginkan. Kamu juga bisa memperpanjang dan memperpendek garisnya sesuai keinginan. Kamu bisa juga menebalkan garis, mengubah warna, type garis, transparansi dll di menu “Format Shape”.

Kesimpulan

Dengan memanfaatkan tanda khusus seperti yang kami bagikan diatas, kamu bisa dengan mudah membuat garis kop surat di Word. Cukup masukkan saja 3 tanda khususnya kemudian tekan enter maka otomatis garis akan tercipta.

Show comments