Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melihat Nilai Tugas di Google Classroom Sebagai Siswa

Daftar Isi [show]

Soalskul.com – Cara melihat nilai di Google Classroom yang telah di berikan oleh guru memang banyak ingin diketahui oleh para siswa. Pasalnya nilai menjadi patokan keberhasilan tugas yang telah kita kerjakan sehingga dengan mengetahui nilai tersebut kita bisa memantau perkembangan pendidikan kita.

Google Classroom adalah salah satu platform yang sangat penting dalam dunia pendidikan digital. Semenjak pandemi Covid-19 beberaa waktu lalu, kepopuleran Google Classroom kian meningkat.

Platform ini tidak hanya memudahkan guru dalam mengelola tugas dan materi pembelajaran, tetapi juga memberikan kemudahan bagi siswa untuk mengakses informasi dan tugas yang diberikan secara daring.

Salah satu fitur yang ada di Google Classroom adalah kemampuan nya untuk guru agar bisa memberikan nilai pada setiap tugas yang telah dikerjakan oleh siswa. Tak hanya itu siswa juga bisa melihat nilai yang telah diberikan oleh guru atas tugas yang mereka kerjakan.

Mengetahui cara melihat nilai tugas di Google Classroom sangat penting bagi siswa agar mereka dapat memantau perkembangan akademik mereka dan memahami area yang memerlukan perbaikan.

Sayangnya tidak semua siswa tau cara melihat nilai tugas di Google Classroom. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah mudah untuk melihat nilai tugas di Google Classroom. Ikuti panduan dibawah untuk tutorial lengkapnya.

tangan memegang smartphone yang sedang membuka google classroom

Baca: Cara Membuat Google Form Untuk Quiz atau Tugas

Cara Siswa Melihat Nilai Tugas di Classroom HP

Sebagai siswa, kita bisa melihat nilai tugas yang telah diberikan oleh guru di Google Classroom. Bagi pengguna HP Android atau iPhone, kamu bisa melihat nilai di Google Classroom seperti panduan berikut

  1. Langkah pertama langsung saja buka aplikasi Google Classroom di Smartphone kamu.
  2. Lanjut buka kelas nya yang kamu ikuti.
  3. Lanjut buka tab “Classwork”. Tab ini ada pada bagian bawah layar.
  4. Cari tugas yang mau kamu cek nilainya. Bila sudah ketemu klik tugas tersebut.
  5. Kamu akan dibawa ke halaman detail tugas nya lalu untuk melihat nilai tugas tersebut bisa mendapatkannya dibagian bawah layar tepatnya disamping tulisan “Your Work”.
Catatan: Perlu kamu ingat bahwa tidak semua guru memberikan nilai pada tugas mu melalui Google Classroom. Bila kamu tidak melihat nilainya berarti guru mu bisa jadi memang tidak memberikannya.

Cara Siswa Melihat Nilai Tugas di Classroom PC

Google Classroom juga tersedia dalam versi laptop. Untuk mengaksesnya kamu harus menggunakan browser di laptop mu. Sebenarnya tampilan Google Classroom di laptop maupun di HP tidak jauh berbeda. Namun kamu bisa ikuti panduan dibawah untuk melihat nilai tugas siswa di Google classroom.

  1. Langkah pertama buka browser di PC mu.
  2. Langsung buka alamat Google Classroom berikut https://classroom.google.com dan login dengan akun mu.
  3. Jika sudah berhasil login, masuk ke dalam kelas nya.
  4. Masuk ke tab “Tugas kelas”.
  5. Cari tugas yang mau di lihat nilai nya.
  6. Jika sudah ketemu, klik tugas tersebut untuk menampilkan halaman detail tugas nya.
  7. Pada halaman detail tugas nya, klik tulisan “Lihat petunjuk” untuk membuka detail tugas lebih lengkap.
  8. Untuk melihat nilai tugas siswa yang dierikan guru di Google classroom, kamu bisa melihatnya dibagian kiri atas layar.
Kamu bisa kunjungi halaman support google tentang melihat nilai keseluruhan kelas di Google Classroom untuk mengatahui panduan lebih lengkap dan terupdate nya.
Baca: Mendapatkan File di Classroom ke Memori Internal

Kesimpulan

Melihat nilai tugas siswa yang diberikan oleh guru di Google Classroom bisa dilakukan dengan mudah baik lewat laptop, HP Android dan iPhone. Pada intinya untuk melihat nilai tugas di Google Classroom kamu hanya perlu mengunjungi detail tugas yang telah diberikan. Disana kamu akan melihat nilai yang sudah diberikan gurumu jika memang gurumu sudah memberi nilai.

Show comments